Friday, March 25, 2011

Brand Follower!


Petunjuk sebelum membaca: *bayangkan suasana pagi saat ribet diburu-buru waktu*

“mamaaaaaa…. Liat rexona indah gaaaa?”
*gedubrag-gedubrug cari baju, pilih jilbab, nyiapin tas, mondar-mandir kebingungan*

“ga liat.. kan biasanya km bawa-bawa mulu!” nyokap gw nyaut ga tau dari mana.

“Nggaaaa… ngapain bawa-bawa rexona.. indah kan biasanya bawa-bawa duitttt!”

“dibawa-bawa kiki kali! Trus dicemplungin ke guci depan!”

Oiya,intermezzo sebentar.
Nama: Rizky aufa agung firliandra (kiki) ponakan laki-laki kedua gw
Umur: 3 taun
Hobi:ngerebut barang apapun yang ada di tangan abangnya, masukin barang-barang ke guci besar di ruang tamu.

 “nggaaa…” saut gw setelah ngelongokin kepala ke dalem guci.
“dibawa-bawa ehan kali..”
*gw diem bentar*“…..”*ga berusaha buat nyaut lagi*
Nyokap kayanya lagi seneng pake kata “dibawa-bawa”.

kan ada dikamar loe!” kaka gw tiba-tiba muncul.Suaranya maksudnya. Ga tau dia lagi dimana. Sama kaya nyokap.
“ga adaaa… itu kan DOVE! Punya Mba Yi kali!”
Gw liat lagi ke kamar, ngeliat si Dove yang udah berulang kali gw lewatin tadi.
Gw ambil, kali aja masih ada isinya.
Hey! Masih penuh! Gw buka tutupnya,gw cium, wooh! Wanginya sama ama ‘rexona’ yang dari beberapa hari lalu gw beli!
Weh! Jangan2!
Ah…
Kayanya gw jd korban “BRAND FOLLOWER”!! *nunduk*
Ini dia..pengecoh gw!

Mirip ga? Ngga terlalu sih.. hehe Cuma kalo lagi buru-buru, siapa yang ngira kalo bentuk kaya gitu dipake produk laen?
Dulu, jamannya kuliah.. gw menganggap strategi brand follower adalah suatu tindakan bodoh. Gw beranggapan, konsumen kan bisa baca, nama merek nya tentu beda,ga mungkin terkecoh. Nyatanya? Haha

Brand follower dapat didefinisikan sebagai merek pengikut alias merek imitasi (immitation brand). Di Indonesia, merek semacam ini sungguh berjubel, banyaaaak.
Ciri-ciri dari brand follower adalah mirip dengan merk sejenis yang sudah terkenal, baik dari segi kemasan, logo, warna, huruf, mmphh.. ampir semuanya deh kayanya.. ibarat ngeliat gambar “carilah 5 perbedaan.” Nah, di sinilah kesempatan bagi sang follower baru untuk menyamarkan produk mereka. Soalnya, ada beberapa keuntungan yang ingin mereka raih dengan melakukan cara-cara seperti ini. Salah satunya adalah harapan agar si konsumen salah membeli produk.

Ayo diinget-inget produk apa aja yang punya pasangan kembar, serupa tapi tak sama?
Blue bird adalah contoh yang paling gampang. Coba liat aja, hampir semua taksi warna dan logo nya miriiip blue bird.
Makanan lebih banyak lagi, pernah denger Rodeo? Itu adalah adek lain bapak lain ibu dari oreo.
Oiya,jangan lupain agar-agar swallow! Haha bener-bener ‘carilah 5 perbedaan!”


Sebenernya, bukan masalah besar kl kita jadi ‘korban’ brand follower. Bisa aja nantinya kita malah kepincut sama produk yang berkamuflase dengan produk yang biasa kita pake.
Kalo iya, berarti tujuan dari produk-produk brand follower itu berhasil. Yeay!

No comments:

Post a Comment